Pages

Powered By Blogger

About Me

Rabu, 26 Desember 2012

MEMUTIHKAN GIGI


Gigi putih cemerlang menjadi idaman banyak orang, meskipun sebenarnya warna dasar gigi setiap orang tidaklah sama. Untuk mendapatkan gigi putih tersebut, orang bahkan rela melakukan teknik pemutihan gigi. Apakah teknik memutihkan gigi tersebut efektif & aman ?,berikut jawabannya…... 
Apa itu memutihkan gigi ?


Teeth whitening atau memutihkan gigi adalah teknik bleaching pada gigi yang dapat membuat warna gigi menjadi lebih cerah. Teknik memutihkan gigi ini tidak dapat membuat gigi menjadi putih bersinar, tetapi dapat membuat warna gigi menjadi lebih cerah beberapa tingkat dari warna aslinya.

Siapa yang dapat melakukan teknik memutihkan gigi ?
Teknik pemutihan gigi sebaiknya hanya dilakukan di dokter gigi & sebaiknya hindari untuk melakukan pemutihan gigi di salon kecantikan tanpa ada kehadiran dokter gigi karena beresiko untuk mengalami masalah kesehatan. Demikian juga halnya peralatan memutihkan gigi yang bisa dibeli bebas & dilakukan sendiri di rumah juga mempunyai resiko kesehatan.

Bagaimana proses memutihkan gigi yang efektif ?
Sebelum melakukan proses pemutihan gigi, dokter biasanya akan membuat cetakan pelindung mulut yang sesuai dengan bentuk mulut kita. Cetakan tersebut nantinya akan digunakan bersama dengan gel pemutih, kemudian dipasang di gigi & dipakai selama beberapa waktu secara teratur. Proses ini bisa juga dilakukan di rumah tetapi tetap dengan pengawasan dari dokter gigi. Proses ini dilakukan dalam jangka waktu beberapa minggu.
Cara lain untuk melakukan proses pemutihan gigi adalah metode pemutihan dengan menggunakan sinar laser. Pada cara ini, bahan pemutih akan dioleskan di gigi, kemudian dokter akan menyinari gigi dengan sinar laser untuk mengaktifkan bahan pemutih tersebut. Proses ini hanya memakan waktu selama kurang lebih 1 jam.

Apa resiko melakukan pemutihan gigi di salon & melakukan sendiri di rumah ?
Produk pemutih gigi yang dilakukan sendiri di rumah terkadang tidak mengandung bahan pemutih yang cukup sehingga menjadi tidak efektif. Kemudian, bila prosedur tersebut tidak dilakukan oleh orang yang ahli & pelindung mulut yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk gigi & mulut, maka bisa saja bahan pemutih yang digunakan akan keluar dari pelindung mulut serta mengenai gusi & mulut, yang dapat menyebabkan iritasi atau menimbulkan reaksi pada gigi yang sensitif.
Selain itu, bila dilakukan di dokter gigi, maka dokter dapat mengetahui apakah prosedur tersebut sesuai untuk pasien atau tidak. Karena ada beberapa kondisi dimana proses memutihkan gigi tidak dapat dilakukan, misalnya pada ornag yang menderita penyakit pada gusi atau pada orang yang menggunakan gigi palsu/crown.

Apakah proses memutihkan gigi memberikan hasil yang permanen ?
Proses memutihkan gigi tidak memberikan hasil yang permanen. Meskipun demikian, proses memutihkan gigi tersebut bisa memberikan hasil gigi yang lebih cerah selama beberapa bulan hingga 3 tahun. Tetapi hasil dari proses memutihkan gigi tersebut dapat hilang lebih cepat, terutama bagi orang yang merokok & sering mengkonsumsi anggur merah, kopi atau teh, karena hal tersebut dapat menodai gigi.

Apakah proses memutihkan gigi dapat dilakukan pada gigi palsu ?
Proses memutihkan gigi juga tidak dapat memberikan hasil bila dilakukan pada gigi palsu, crown, tambalan ataupun veneers.



Apa resiko bila melakukan prosedur pemutihan gigi ?
Apapun metode pemutihan gigi yang dilakukan, akan ada kemungkinan gusi menjadi sensitif terhadap bahan kimia yang digunakan, terutama bila memiliki gigi yang sensitif. Selain itu ada juga kemungkinan gusi mengalami iritasi. Kemudian untuk produk pemutihan gigi yang dilakukan di rumah juga mempunyai resiko bahan kimia yang digunakan dapat merusak lapisan email gigi.
Oleh karena itu, apapun pilihan metode yang ingin dilakukan sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan yang ahlinya, dalam hal ini adalah dokter gigi langsung. Hindari resiko untuk melakukan proses pemutihan gigi tersebut di tempat yang tidak semestinya, meskipun dengan iming-iming biaya yang lebih murah, akrena beresiko terhadap kesehatan gigi & gusi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About