Pages

Powered By Blogger

About Me

Selasa, 08 Januari 2013

TIPS MENANGANI ANAK YANG PANAS TINGGI/KEJANG


1. Sediakan thermometer. Thermometer berfungsi untuk mengetahui berapa tinggi panas anak. Setiap anak daya tahannya berbeda-beda. Ada yang 40°C masih tahan dan nggak kejang dan ada yang 38°C sudah menggigil.Dengan mempunyai thermometer kita bisa mengetahui berapa kebiasaan kekuatan anak kita dalam menahan panas, dan memperhitungkan kapan memberikan obat dan dengan obat apa yang tepat.
2. Sediakan obat penurun panas. Ketika kita sudah sedia obat penurun panas, maka sewaktu-waktu anak panas maka kita tidak repot-repot harus membelinya. Kalau warung dekat nggak masalah, tapi kalau hal ini terjadi pada waktu malam hari coba gimana, kan bisa repot,Jadi sedia obat tujuannya sedia payung sebelum hujan dan tindakan antisipasi pertama jika anak mulai panas.
3. Sediakan obat anti kejang. Jika dalam waktu 30 menit sampai 60 menit reaksi obat penurun panas yang kita berikan belum membuat panas anak turun, maka berikan obat anti kejang dari anus. Bila dalam waktu 1 jam belum juga turun maka alangkah baiknya kalau si anak langsung di bawa ke rumah sakit. Oya selama pemberian obat penurun panas ataupun obat anti kejang usahakan si anak kita tidurkan dan berikan minum air putih yang banyak.
4. Kompress kening anak. Langkah ini menurut saya bertujuan untuk membantu menurunkan panas, walaupun telah kita berikan obat penurun panas. Dan juga membantu si anak lebih nyaman dan agar cepat tidur. Namun pengalaman saya tidak gampang meng-kompress anak. Berusahalah terus walaupun meng-kompress hanya sebentar-sebentar saja. Karena anak kalau sudah tidak mau di kompress biasanya mengamuk, meronta, dan menangis. Jadi perlu pendekatan khusus dan keintiman agar si anak nyaman dan bersedia di kompress.
5. Berikan minum air putih yang banyak. Air putih juga berfungsi untuk membantu menurunkan panas lewat air seni yang dibuang. Jadi semakin banyak minum air putih kemungkinan buang air akan lebih sering dan panas akan lebih cepat turun. Hal inipun juga tidak mudah karena anak balita apalagi yang minum asi atau susu sangat susah untuk diminta minum air putih, anda pun harus sabar dan telaten membujuk si anak agar mau minum air putih. Karna putus asa biasanya saya langsung bilang ke istri untuk memberikan susu saja. Karna kasihan anak sedang haus dan minta minum, cuma nggak mau minum air putih.
6. Jika anak kejang / menggigil di rumah. Jika hal ini terjadi jangan panik, tetap usahakan untuk memberikan obat anti kejang ke anus dan jangan lupa masukkan tangan atau sendok ke mulut si anak. Tujuan memasukkan tangan kita atau sendok ke mulut si anak adalah jangan sampai lidah tergigit saat kejang. Hal ini bisa berbahaya karena lidah bisa putus ataupun luka akibat kuatnya gigitan si anak saat menggigil / kejang.
7. Istirahatkan anak dengan cukup. Bagi anak yang pernah mengalami stip istirahat yang cukup sangat penting karna kelelahan bisa memicu terjadinya panas pada anak. Jadi anda harus ekstra hati-hati dan waspada terhadap anak.
8. Pijatlah anak ke ahli urut / ahli pijat bayi 1 bulan sekali. Tindakan ini hanya antisipasi jangka panjang, karna prinsipnya anak capek atau lelah pun bisa menimbulkan panas bagi si anak. Jika sering di pijat (ideal 1 bulan) anak kita akan makan dan tidur dengan nyaman. Hal ini pun bisa membantu perkembangan si anak. Jika tidak bisa sebulan sekali, lakukan 3 bulan sekali atau jika si anak sudah gelisah (tidak lelap) waktu tidurnya.
9. Perhatikan asupan makanan anak. Asupan anak pun harus kita perhatikan juga. Karna beberapa makanan bisa menyebabkan dan memicu gejala awal panas semisal, sariawan, radang tenggorokkan, batuk, pilek ataupun disentri. Istriku melarang anak untuk makan chiki atau snack dengan perasa tinggi, gorengan berminyak, es dengan pemanis buatan, dan tidak membelikan jajanan di sembarang tempat. Biasakan anak makan dengan jajanan sehat seperti susu, roti bolu dan sejenisnya, eskrim dari mini market. Kalau kita bisa membiasakan anak jajanan sehat insya allah anak pun tahunya jajanan yang kita perkenalkan itu. Seperti si sulung Abil alhamdulilah sampai umur 5 tahun ini kalau ke mini market atau super market dia hanya akan minta jajan susu, es krim dan satu lagi mainannya yang nggak pernah lupa mobil Hot Wheel yang keren itu…
10. Perhatikan dengan kasih sayang dan seksama. Perhatian dan kasih sayang kita membuat anak nyaman dan tenang disaat situasi sakit & tegang sekalipun. Ada anak yang susah dalam minum obat kan..? nah itu dia salah satu tanda anak yang liar dan kurang hubungan komunikasinya dengan ibu dan bapaknya, itu menurut saya bro..nah alhamdulilah kalau anakku yang no 2 saat sedang panas dia langsung bilang “Pak minta obat agar mano cembuh” demikian kata anakku yang kecil yang masih berusia 2.5 tahun.
11. Segera bawa ke dokter bila panas anak selama 2 hari tidak turun. Ini adalah langkah pamungkas jika sudah diberikan obat penurun panas dan obat anti kejang namun tidak turun. Panas anak 2 hari tidak turun-turun. Atau jika tiba-tiba anak kejang tanpa di dahului panas awal terlebih dahulu. Segera bawa ke rumah sakit rujukan keluarga anda, jangan biarkan anda menyesal di kemudian hari karena tidak melakukan yang terbaik untuk anak anda. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About